Gempa 7,3 SR Guncang Taiwan, Berpotensi Tsunami?

- 3 April 2024, 10:22 WIB
Kondisi lapangan bulu tangkis yang runtuh akibat gempa Taiwan.
Kondisi lapangan bulu tangkis yang runtuh akibat gempa Taiwan. /Facebook.com/Bade Civil Sports Center

JABABEKANEWS.COM - Gempa berkekuatan 7,3 Skala Ritcher (SR) guncang Taiwan, China pada Rabu 3 April 2024 pukul 07.00 Waktu setempat berpotensi Tsunami. 

Sementara untuk keruksakan yang terjadi akibat Gempa Taiwan, saat ini belum ada informasi mengenai kerusakan yang terjadi. 

Meski begitu, Pusat Peringatan Tsunami Kementerian Sumber Daya Alam Tiongkok telah mengeluarkan peringatan tsunami merah, tingkat tertinggi yang sangat serius.

Baca Juga: Tata Cara Serta Niat Bacaan Menunaikan Zakat Fitrah Ada 8 Golongan Yang Berhak Menerima Zakat

Menurut data pengukuran resmi yang dirilis oleh China Seismological Network, gempa berkekuatan 7,3 SR terjadi di perairan distrik Hualien, Taiwan pada pukul 07:58 tanggal 3 April (waktu setempat), yaitu pukul 06:58 waktu Hanoi. 

Menurutnya, Gempa tersebut memiliki kedalaman 12 km, pusat gempa hanya berjarak sekitar 14 km dari Pulau Taiwan. Badan ini menyebut ini merupakan gempa terkuat di China sejak awal tahun dengan rentang guncangan yang sangat luas.

Baca Juga: Korban Gempa Bumi di Kabupaten Sumedang Dapat Bantuan Kolaborasi dari Tim Bio Medis ITB UNPAD

Sementara berdasarkan Survei Geologi AS menyebutkan gempa tersebut berkekuatan 7,5 SR. 

Menurut pejabat pusat seismologi Taiwan, gempa ini merupakan gempa terkuat di pulau itu dalam 25 tahun terakhir, setelah gempa berkekuatan 7,6 skala Richter yang menewaskan 2.400 orang pada tahun 1999.

Menurut media Taiwan, masyarakat di seluruh pulau merasakan guncangan akibat gempa, dan beberapa tempat berguncang sangat kuat, seperti Taipei, Hualien, terutama kota Taiwan. 

Halaman:

Editor: Hirlan Rusli Malik

Sumber: Soha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x